Minggu, 11 Maret 2012


Sabtu, 10 Maret 2012 , IPDN kedatangan tamu kehormatan yakni Bupati Gianyar Dr.Ir. Tjok Oka Artha Ardana Sukawati, M.Si bersama pejabat struktural daerah lainnya. Beliau sekaligus bertindak selaku inspektur upacara kehormatan yang sekaligus diangkat sebagai alumni kehormatan pendidikan kepamongprajaan. Dalam amanat inspektur upacara beliau menyampaikan mempunyai tugas baru sebagai alumni kehormatan lembaga pencetak kader pemimpin ini yakni membina dan mengawasi para alumni dan juga sekaligus berpartisipasi menjaga eksistensinya. Upacara dilanjutkan dengan Kuliah Umum bagi satuan praja di Gedung Balairung Jendral Rudini dan didampingi oleh Kepala Biro Administrasi dan Kemahasiswaan Benhard Edward Rondonuwu, M.Si yang juga sebagai moderator dalam acara Stadium General tersebut.
            Sambutan antusias dari praja disertai lagu Indonesia raya mengawali penyampaian kuliah umum. Dalam acara tersebut, Bupati yang sebelumnya pernah kuliah di fakultas teknik jurusan teknik arsitektur serta fakultas seni dan budaya ini menyampaikan mengenai nilai-nilai kepemimpinan yang beliau terapkan di gianyar bahwa dalam membangun masyarakyatnya, diperlukan jiwa inovatif bagi seorang pemimpin. Konsep inovatif yang didalamnya mencakup nilai etika, estetika dan logika. Tiga hal yang saling berkesinambungan satu sama lain. Menurut beliau terdapat Tiga Mata yang menjadi acuan dalam menempa diri menjadi seorang pemimpin, yakni :
·         Mata Kepala, artinya pola pikir cerdas dalam menjalankan kepemimpinannya;
·         Mata Hati, artinya adanya unsur etika yang perlu diperhatikanserta mengasah hati untuk lebih peka dalam memahami keadaan rakyatnya;
·         Mata Kaki, artinya nilai estetika atau gaya kepemimpinan yang kemudian membawa pada alur mana yang akan ditempuh dalam menjalankan tugas sebagai pemimpin.
Dalam penyampaiannya, beliau menyinggung mengenai semua cita-citanya yang bermula dari sebuah mimpi. Sebelum menjadi Bupati, Beliau menuliskan cita-cita yang hendak dicapai dan sekarang terbukti hampir semua yang beliau harapkan itu tercapai. (Tika,Seknun_13,Ame)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar